Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Keluarga Rasulullah saw

Paman dan Bibi Nabi saw. Dari Pihak Ayah
Mereka adalah Al-Harits, Qutsum, Hamzah, Al-Abbas, Abdu Manaf, yakni Abu Thalib, Abdul Uzza, yakni Abu Lahab, Abdul Ka'bah, Al-Mughirah, yakni Hijl, Dharar, Muqawwam, Al-Ghaidaq, Shafiyyah, Atikah, Arwa, Umaimah, Barrah, Ummu Hakim Al- Baidha'. Di antara mereka yang masuk Islam adalah Hamzah, Al-Abbas, Shafiyyah, yakni ibu Zubair r. a. Terdapat perselisihan pendapat mengenai Islamnya Atikah dan Arwa.

Adapun nenek dari pihak ayahanda Rasulullah saw. adalah Fatimah binti Amr Al-Makhzumiyyah, dan ibunya ibunda Rasulullah saw. adalah Barrah binti Abdil- Uzzaa.
Saudara dan Saudari Sepupu Rasulullah saw.
1              Amirul-Mukminin Ali bin Abi Thalib bin Abdil Muththalib
2              Thalib bin Abi Thalib. Dia meninggal dunia sebelum masuk Islam.
3              Aqil bin Abi Thalib, wafat pada masa kekhalifahan Muawiyah sebagai orang Islam.
4              Ja'far bin Abi Thalib, beliau dijuluki Ath- Thayyar (yang terbang). Beliau syahid di Mu'tah pada tahun delapan hijriyah.
Ummu Hani' binti Abu Thalib. Nama aslinya adalah Faakhitah. Beliau masuk Islam dan berhijrah. Suaminya bernama Hubairah bin Wahab Al-Makhzumi. Beliau memilki dua anak, Aqlah dan Ja'dah.
6              Jumanah binti Abu Thalib. Beliau masuk Islam dan berbai'at kepada Rasulullah saw.. Suaminya adalah Abu Sufyan bin Al-Harits bin Abdul-Muththalib, saudara sepupunya sendiri. Mereka semua adalah putra-putri Abu Thalib dan ibunya adalah Fatimah binti Asad bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay. Para ahli sejarah mengatakan bahwa beliau adalah wanita pertama dari Bani Hasyim yang melahirkan anak- anak untuk laki-laki dari Bani Hasyim, yakni suaminya juga dari Bani Hasyim. Beliau telah masuk Islam dan berhijrah kepada Nabi saw. dan meninggal dunia di Madinah Munawwarah, dan upacara pemakamannya dihadiri Rasulullah saw..
7              Abdullah bin al-Abbas bin Abdul- Muththalib. Beliau adalah Rabbaninya umat ini.
8              Al Fadhl, Katsir, Tamam, Qutsum, Ma'bad, Abdurrahman, Al-Harits, Ubaidullah, Mashar, Shubaih, Ummu Habibah, dan di sebagain kitab: "Ummu Habib'', Shafiyyah, Aaminah, dan di sebagian kitab bernama Amnah. Mereka semua adalah anak dari Abbas bin Abdul-Muththalib. Abdullah bin Zubair bin Abdul Muththalib, Urwah, Ummul Hakam, Dhaba'ah, Thahir. Semuanya adalah anak Zubair. Ammarah binti Hamzah, Ya'la bin Hamzah, Fatimah binti Hamzah yang dinikahi oleh Al- Miqdad bin Al-Aswad. Abu Sufyan bin Al-Harits bin Abdul-Muththalib. Beliau masuk Islam dan bertahan bersama Nabi saw. pada perang Hunain dan meninggal dunia pada tahun dua puluh enam Hijriyah dan jenazahnya dishalatkan oleh Umar bin Khattab r.a.. Naufal bin Al-Harits bin Abdul-Muththalib, yang masuk Islam dan bertahan pada perang Hunain. Umayyah bin Al-Harits bin Abdul-Muththalib, Rabi'ah bin Al-Harits bin Abdul- Muththalib, Abdu Syams bin Al-Harits bin Abdul Muththalib, Abdul- Muththalib bin Al-Harits bin Abdul- Muththalib, Arwa binti Al-Harits bin Abdul-Muththalib, Abdullah bin Al-Harits, dia masuk Islam dan meninggal pada zaman Rasulullah saw. Utbah bin Abu Lahab. Dalam kitab Al-Ishabah disebutkan bahwa dia masuk Islam dan bertahan di medan perang Hunain. Utaibah bin Abu Lahab, dialah yang didoakan Rasulullah saw. agar diterkam anjing dan dia mati diterkam harimau.
Ma'tab bin Abi Lahab. Masuk Islam dan bertahan di medan perang Hunain. Ketiganya, yakni Utbah, Utaibah dan Ma'tab adalah dari satu ibu yaitu Ummu Jamil binti Harb, pembawa kayu bakar. Dia adalah bibi Muawiyah bin Abu Sufyan. Durrah binti Abu Lahab, dia masuk Islam, Subai'ah binti Abu Lahab, Khalid bin Abu Lahab, Hindun binti Al-Muqawwam bin Abdul Muththalib, Arwa binti Al- Muqawwam bin Abdul-Muththalib, Murrah binti Hijl bin Abdul-Muththalib.
Putra-Putri Rasulullah saw.


Anak Rasulullah saw. yang pertama adalah Al-Qasim, dan dengannyalah Rasulullah saw. diberi kuniyah, yakni Abul-Qasim. Lahir sebelum Rasulullah saw. diangkat menjadi nabi dan juga wafat sebelumnya, yakni ketika berumur dua tahun. Berikutnya adalah Abdullah yang diberi nama Thayyib dan Thahir, lahir setelah kenabian. Sebagian riwayat mengatakan bahwa dia tidak menjumpai zaman kenabian. Ada riwayat yang mengatakan bahwa Thayyib dan Thahir adalah nama dua orang. Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah radhiyallaahu 'anhum, semua anak perempuannya masuk Islam dan berhijrah bersama Rasulullah saw. Dan semuanya adalah hasil pernikahannya dengan Khadijah r.ha..
Beliau saw. juga mempunyai anak dari Mariyah Al-Qibthiyyah yang bernama Ibrahim, yang lahir di Madinah Munawwarah. Tetapi, Ibrahim meninggal dunia ketika berumur tujuh puluh malam. Sebagian riwayat mengatakan bahwa meninggalnya ketika berumur tujuh bulan, dan sebagian lagi mengatakan delapan bulan.
Semua anak-anak beliau saw. meninggal dunia ketika Rasulullah saw. masih hidup, kecuali Fatimah r.ha., karena beliau wafat tujuh bulan setelah wafatnya Rasulullah saw.. Zainab r.ha., putri Rasulullah saw. yang paling besar bersuamikan Abul-Ash bin Ar- Rabi', dan Abul-Ash telah masuk Islam. Dari pernikahannya dengan Abul-Ash ini, Zainab r.ha. melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Ali dan meninggal ketika masih kanak-kanak, dan seorang anak perempuan yang bernama Umamah, yang disebutkan di dalam riwayat bahwa Rasulullah saw. menggendongnya di dalam shalat. Umamah dinikahi Ali r.a. setelah wafatnya sang bibi, Fatimah, karena wasiat dari Fatimah sendiri. Setelah meninggalnya Ali r.a., Umamah dinikahi Al-Mughirah ibnu Naufal bin Al-Harits bin Abdul-Muththalib. Dari pernikahan ini, Umamah r.ha. dikaruniai seorang putra yang diberi nama Yahya. Umamah r.ha. wafat ketika menjadi istri Al- Mughirah r.a. ini.
Fatimah r.ha. mendapatkan tiga putra dari pernikahannya dengan Ali r.a., yakni Hasan, Husain, dan Muhsin radhiyaUaahu 'anhum. Di antara ketiga putranya itu, Muhsin meninggal dunia ketika masih kanak-kanak. Di samping tiga putra, dari pernikahan ini juga lahir tiga putri, yakni Ruqayyah, Zainab, dan Ummu Kultsum. Ruqayyah meninggal dunia sebelum umur baligh. Dan Zainab menikah dengan Abdullah bin Ja'far, dan dari pernikahan ini lahir seorang anak yang diberi nama Ali dan meninggal ketika masih kecil. Sedangkan Ummu Kultsum r.ha. menikah dengan Umar bin Khattab r.a., dari pernikahan ini lahir anak laki-laki yang bernama Zaid. Setelah meninggalnya Umar r.a., Ummu Kultsum r.ha. dinikahi oleh Auf bin Ja'far. Ketika Auf bin Ja'far wafat, beliau dinikahi saudaranya Auf, yakni Abdullah.

Adapun putri Rasulullah saw. yang bernama Ruqayyah dinikahi oleh Usman bin Affan r.a.. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai seorang anak yang diberi nama Abdullah. Ruqayyah meninggal dunia pada hari ketika Zaid bin Haritsah datang ke Madinah dengan membawa berita gembira akan kemenangan kaum muslimin di medan Badar. Kemudian Usman r.a. menikahi saudarinya, Ummu Kultsum r.ha. binti Rasulullah. Dan Ummu Kultsum r.ha. wafat di sisi Usman r.a. pada bulan Sya'ban Tahun 9 H.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template